Saturday, October 21, 2017

TIPS DAN TRIK MEMOTRET MODEL ATAU PORTRAIT


TIPS DAN TRIK MEMOTRET MODEL ATAU PORTRAIT

Melanjutkan postingan sebelumnya tentang Kategori foto dalam fotografi, kali ini saya ingin lebih khusus membahas kategori foto model dan portrait.

Memotret model atau portrait memang terlihat sangat mudah, tetapi alahkah baiknya jika foto yang kita hasilkan selain berpedoman pada rule of third, juga tak kalah pentingnya yaitu pengaturan kamera dan cropping yang pas dalam pengambilan foto. Kali ini saya ingin berbagi sedikit pengalan mengenai TIPS DAN TRIK MEMOTRET MODEL ATAU PORTRAIT.


Untuk melakukan pemotretan model atau potrait dengan posisi camera vertikal sebaiknya gunakan posisi ketinggian sebagai berikut :

  • Potrait seluruh badan sebaiknya ketinggian kamera sejajar pinggang obyek foto
  • Posisi 7/8 dari betis ke atas sebaiknya ketinggian kamera sejajar dada obyek foto
  • Posisi Close up (Kepala & Bahu) sebaiknya ketinggian kamera sejajar mata obyek foto
Untuk pemotretan di dalam Studio atau Indoor dengan  menggunakan flash aturlah bukaan lensa sekitar F/9 – 11 dan untuk pemotretan di luar ruangan aturlah bukaan lensa sekitar F 2,8 - 5,6.

Untuk pemula di dunia fotografi seperti saya, saya biasanya menggunakan lensa canon 18 – 135mm atau untuk yang menggunakan Nikon bisa dengan lensa kit 18 – 105mm. Selain karena harganya yang lebih terjangkau, menurut pengalaman dan sharing pengambilan foto model atau portrait sebaiknya menggunakan focal length 85 – 105mm karena di focal length ini minim distorsi dan cukup terkontrol juga untuk latar belakangnya. Akan tetapi setiap fotografer bisa saja menggunakan lensa yang lain tergantung konsep foto yang diinginkan seperti lensa wide jika ingin mengambil scape yang lebih luas.

Semoga bisa bermanfaat buat pencita fotografi khususnya model dan portrait.



Salam JEPRET!!!

0 komentar:

Post a Comment