Sunday, October 22, 2017

TIPS DAN TRIK MEMOTRET MILKY WAY

TIPS DAN TRIK MEMOTRET MILKY WAY. Sebelum kita membahas teknik pengambilan gambar Milky Way, alangkah baiknya kita mengetahui dulu apa itu Milky Way.

Milky Way sendiri dalam Bahasa Indonesia kita sebut Bimasakti yang merupakan kumpulan jutaan bintang dan juga sevolume besar debu dan gas yang terletak di piringan atau bidang galaxy.

Dalam Bahasa Indonesia disebut Bimasakti yang merupkan salah satu tokoh dalam pewayangan yaitu Bima. Istilah Bimasakti ini muncul karena orang Jawa kuno melihat susunan bintang-bintang yang tersebar di angkasa jika dihubungkan dan ditarik garis akan membentuk gambar Bima yang dililit ular Naga, itulah sebabnya kenapa dinamakan Bimasakti. Sedangkan masyarakat barat menyebutnya milky way karena mereka kumpulan bintang itu sebagai pita kabut bercahaya putih yang membentang pada bola langit.

Itu sedikit informasi tentang apa itu milky way, sekarang kita lanjut aja ke teknik pengambilan gambar milky way.

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam pengambilan foto milky way

1. Kondisi cuaca tempat kita memotret
Hal ini merupakan hal dasar sebelum memulai pengambilan gambar, kondisi cuaca harus  clear atau bersih dari segala bentuk macam awan. Ini berarti Milky way tidak bisa kita abadikan dalam semua kondisi cuaca, tidak hanya cerah tetapi harus bersih. 

2. Kondisi lingkungan
Lingkungan tempat kita akan melakkan proses pengambilan gambar juga harus diperhatikan. Lingkungan yang terbebas oleh polusi cahaya dari pemukiman penduduk dan perkotaan adalah tempat yang tepat untuk proses pengambilan gambar milky way. Kenapa lingkungan menjadi penting, karena jika ada polusi cahaya, akan menghilangkan milkynya walaupun cuaca clear.

3. Tanggal saat memotret. Motret milky tidak bisa setiap hari setiap waktu. Saat memotret milky diusahakan H-5 sampai H+7 setelah pergantian bulan jawa. Karena keadaan bulan yang masih kecil dan bisa di prediksi moonset nya (bulan terbenam).

4. Siapkan peralatan seperti Tripod, remote shutter release (bila ada), lampu senter polisi atau flash handphone.

Posisi letak milky way

Posisi letak milky way, bisa di lihat menggunakan aplikasi Stellarium atau Starchart (bisa di download di google play store untuk android). Apabila anda tidak menggunakan aplikasi tersebut, anda bisa menggunakan cara lain, rasi bintang layang-layang atau pari, titik sayap sebelah kiri, adalah kepala milky way, lalu tarik garis ke kiri memanjang, adalah susunan badan milky way. Simplenya apabila anda tahu rasi bintang scorpio, itu adalah badan milky way.

Pengaturan kamera

Pengaturan kamera disini relatif, tergantung lensa apa yang kita pakai dan kamera apa yang kita pakai. Pengaturan kamera untuk memotret milky way, shuter speed 20 second, iso 1250, bukaan lensa F4 (bila lensa anda bisa lebih lebar, gunakan yang paling lebar). Usahakan anda menggunakan picture style landscape atau standard, WB Auto, dan format gambar RAW agar lebih memudahkan saat proses pengeditan. Terakhir jangan lupa menggunakan menggunakan self timer 2 detik untuk menghindari goncangan

Cara mencari fokus infinity lensa

Atur pilihan fokus lensa pada AF atau auto focus, lalu letakan titik fokus ditengah, arahkan pada lampu pemukiman penduduk yang paling jauh, lalu jika sudah berbunyi beep (fokus), pindahkan slotnya ke MF atau manual focus lagi. Dengan ini lensa anda sudah fokus infinity.

Cara memotret Milky Way

Siapkan kamera yang sudah terpasang di tripod dengan pengaturan sesuai petunjuk diatas. Buka aplikasi starchart atau stellarium dan cari letak badan milky way. Arahkan lensa kamera anda searah dengan hasil pencarian badan tersebut. Jika sudah yakin, silahkan tekan tombol shutter. apabila anda berada di dalam hutan atau didepan anda ingin masuk kedalam frame foto seperti pepohonan, anda hanya tinggal menyoroti secara sekilas dengan senter. Senter yang dipakai usahakan tidak spot light, tetapi yang menyebar.

Demikian tips dan trik cara memotret Milky way, semoga bermanfaat.

Photo by Reinha Iwan; https://www.facebook.com/photo.php?fbid=1528819170471912&set=pb.100000315316991.-2207520000.1508686251.&type=3&theater

Photo by Reinha Iwan; https://www.facebook.com/photo.php?fbid=1557175624302933&set=pb.100000315316991.-2207520000.1508686247.&type=3&theater



0 komentar:

Post a Comment