Saturday, January 27, 2018

MENGENAL JENIS-JENIS LENSA PADA KAMERA DIGITAL



MENGENAL JENIS-JENIS LENSA PADA KAMERA DIGITAL. Dalam bidang fotografi, lensa merupakan alat vital dari kamera yang berfungsi memfokuskan cahaya hingga mampu membakar medium penangkap. Terdiri atas beberapa lensa yang berjauhan yang bisa diatur sehingga menghasilkan ukuran tangkapan gambar dan variasi fokus yang berbeda.
Di bagian luar lensa fotografi biasanya ditempatkan tiga cincin pengatur, yaitu cincin panjang fokus (untuk lensa jenis variabel), cincin diafragma, dan cincin fokus.

Focus => Adalah bagian yang mengatur jarak ketajaman lensa terhadap gambar.
Diafragma => berfungsi seperti pupil dalam mata. Diafragma berguna untuk mengatur 

cahaya yang akan masuk ke dalam kamera.

1. Lensa Kit (standar/normal)


Disebut lensa normal, berukuran 18-55mm dan memberikan karakter bidikan natural. Gambar yang dihasilkan tidak akan beda jauh dengan apa yang dilihat oleh mata. sebuah lensa yang memetakan citra yang nampak seperti perspektif pandang normal mata manusia. Pemetaan sudut pandang diagonal sekitar 53 derajat.
2. Lensa Wide Angle (Lensa Sudut-Lebar)

Karakter lensa ini adalah membuat subjek lebih kecil dari ukuran sebenarnya. Semakin pendek jarak fokusnya maka semakin lebar pandangannya. Ukuran lensa ini beragam mulai dari 17 mm, 24 mm, 28 mm dan 35 mm.

3. LENSA TELE

Lensa tele merupakan kebalikan dari lensa Wide Angle. Fungsi lensa ini untuk mendekatkan subjek, namun mempersempit sudut pandang. Yang termasuk lensa tele adalah lensa berukuran 70 mm ke atas. 
4. LENSA ZOOM

Merupakan gabungan antara lensa standar, lensa wide angle dan lensa tele. Ukuran lensa tidak fixed, misalnya 80-200 mm. lensa ini cukup fleksibel dan memiliki range lensa yang cukup lebar.



5. LENSA SUPER ZOOM

Lensa superzoom adalah lensa fotografi dengan faktor panjang fokus yang sangat besar, lebih besar dari 4x. 

6. LENSA TETAP (FIXED)

Lensa tetap adalah lensa dengan panjang fokus tunggal. Lensa tetap sering dikatakan mempunyai nilai lebih pada ketajaman hasil citra.
Dengan ukuran yang lebih kecil, sebuah lensa tetap menjadi lebih handal untuk digunakan pada pemotretan low light photography dan menimbulkan efek blur dengan kedalaman ruang yang rendah.

7. LENSA MATA IKAN (FISH EYE)

Lensa Fish Eye merupakan lensa Wide Angle dengan diameter 14 mm, 15 mm, 16 mm. Lensa ini memberikan pandangan 180 derajat. Gambar yang dihasilkan dari lensa ini akan cenderung melengkung, terdistorsi menjadi oval dan terlihat seperti gepeng.

8. LENSA FOKUS HALUS

Lensa fokus halus (soft focus lens) adalah lensa dengan aberasi speris. Soft focus adalah sebuah efek pada fotografi yang disebabkan oleh blur akibat aberasi speris lensa. Sebuah lensa fokus halus didesain untuk menimbulkan efek blur tersebut namun tetap menjaga ketajaman setiap garis dari subyeknya. 
9. LENSA PARFOKAL

Lensa parfokal (parfocal lenstrue zoom lens) adalah sebuah lensa yang mempertahankan ketajaman bidang fokusnya walaupun terjadi perubahan panjang fokus lensa
10. LENSA TILT SHIFT

Fungsinya me-miniaturisasi sebuah foto, yaitu membuat foto dari benda-benda nyata tampak seperti model miniatur dengan memanfaatkan efek penyempitan DoF (Depht of Field).

Demikian informasi mengenai MENGENAL JENIS-JENIS LENSA PADA KAMERA DIGITAL. 

Semoga bermanfaat !!!!!!

0 komentar:

Post a Comment