Monday, January 23, 2017

GUNUNG (ILE) BOLENG

Gunung Boleng atau dalam bahasa lamaholotnya Ile Boleng terletak di Pulau Adonara, Kabupaten Flores Timur, Provinsi NTT. Gunung yang ketinggiannya 1.659 m (5.443 kaki) ini adalah salah satu gunung berapi di Adonara yang sekarang sudah menjadi favorit untuk para pendaki gunung atau wisatawan yang sekedar mendaki untuk menyaksikan keindahan alamnya.

Buat teman-teman dari luar Adonara ataupun Flores Timur, terlebih dahulu menuju ke larantuka atau lewoleba, setelah itu bisa menumpangi kapal motor menuju ke waiwerang dengan ongkos sekitar 25 ribu rupiah per orang (update harga November 2016).

Ada beberapa rute pendakian menuju ke puncak Gunung Boleng, bisa melalui daerah Lamahelan, Lamabayung, Dua, Muda, dan Watololong. Seperti yang sebelumnya saya ceritakan mengenai desa Watololong, ada seorang guide terpercaya yang bernama Bapak Philipus atau yang lebih akrab dipanggil Bapak Koren siap mengantarkan para pendaki yang hendak mendaki sampai ke puncak gunung. Untuk menuju desa watololong sendiri, teman-teman bisa menumpangi ojek ataupun angkutan umum lainnya dengan harga sekitar 20 – 35 ribu rupiah.

Berikut beberapa foto Gunung boleng, semoga bias menjadi lokasi yang tepat buat teman-teman pencinta alam.

Salam Jepret!!!






 #ayokeflorestimur

0 komentar:

Post a Comment