Sunday, March 26, 2017

MEMAHAMI APERATURE, SHUTTER SPEED DAN ISO PADA KAMERA DIGITAL

Aperature, Shutter speed, dan ISO merupakan tiga hal penting yang mendasari terciptanya sebuah foto dengan komposisi cahaya yang ideal. Ketiga aspek penting ini juga sering di sebut segitiga emas dalam fotografi sehingga kita tidak terlalu terpaku pada mode auto dalam pengaturan kamera. Mari kita bahas satu per satu
§  Aperature merupakan bukaan lensa yang memberikan ruang untuk cahaya masuk ke sensor kamera pada saat memotret. Semakin besar bukaan maka akan semakin banyak cahaya yang masuk, begitupun sebaliknya. Bukaan besar dilambangkan dengan angka aperature atau "F" yang kecil, dan sebaliknya angka "F" besar berarti bukaannya kecil. Selain sebagai tool untuk mengendalikan cahaya yang masuk, juga merupakan aspek penentu ruang tajam atau DOF (Depth of Field) pada satu foto. Semakin kecil aperature, semakin luas DOF (semakin sedikit bagian yang tajam) dan sebaliknya
§  Shutter Speed atau kecepatan rana merupakan durasi kamera membuka sensor untuk menyerap cahaya. Satuan Shutter speed adalah detik seperti 1/30 - 1/4000. Semakin tinggi angka shutter berarti semakin sedikit cahaya yang diserap, dan sebaliknya.
§  ISO adalah ukuran sensitivitas sensor terhadap cahaya atau alat bantu cahaya di kamera. Misalnya iso 200 berarti dua kali lebih sensitif dari iso 100, iso 400 dua kali lebih sensitif dari iso 200 dan seterusnya. Semakin tinggi angka iso, resiko noise pada hasil foto akan semakin besar.
Ketika kita ingin memotret suatu benda yang bergerak, tentunya kita tidak menggunakan aperature yang kecil karena akan memperlambat shutter speed yang akan menghasilkan foto yang blur.
Ketiga menjadi penting karena akan selalu berhubungan satu sama lain, sehingga menjadi penting untuk memahami cara kerjanya. Jika ingin memotret obyek agar terlihat jelas atau tajam secara keseluruhan, tentunya kita akan menggunakan aperatur kecil, resiko aperature kecil adalah shutter speed akan lebih lambat, di saat itu kita membutuhkan pengaturan iso.
Salam Jepret.


0 komentar:

Post a Comment